Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Menentukan Kalimat Utama dan Ide Pokok

 Kapur Digital - Setiap paragraf pasti memiliki inti yang disampaikan, atau biasa disebut dengan ide pokok. Ide pokok tersebut terdapat dalam suatu kalimat yang dinamakan kalimat utama. Lalu, bagaimana cara menentukan kalimat utama dan ide pokok dalam paragraf? Simak tips dan triknya berikut ini ya!

Apa Bedanya Kalimat Utama dan Ide Pokok?

Tips dan Trik Menentukan Kalimat Utama dan Ide Pokok



Kalimat utama merupakan rangkaian kata yang berisi pokok pikiran utama atau ide atau inti dari sebuah pembahasan yang menjadi dasar dalam mengembangkan paragraf. Kalimat utama biasanya mengandung keseluruhan isi dalam paragraf yang nantinya dijelaskan dalam kalimat penjelas. 

Sedangkan ide pokok adalah inti dasar atau suatu permasalahan yang dibahas dalam suatu teks. Ide pokok biasanya terdapat dalam kalimat utama. Ide pokok juga biasa dikenal dengan gagasan utama.

Apa Ciri-Ciri Kalimat Utama dan Ide Pokok?

Kalimat utama biasanya terletak di kalimat awal paragraf atau di akhirakhir paragraf. Ada beberapa ciri-ciri kalimat utama yang bisa kamu jadikan patokan dalam menentukan kalimat utama, antara lain :

  • Kalimat utama harus berdiri sendiri dan menjadi poin utama pembahasan
  • Kalimat utama memiliki makna umum sehingga dapat diperjelas dengan kalimat selanjutnya yaitu kalimat penjelas
  • Memuat permasalahan atau inti pembahasan paragraf.

Kalimat utama tidak terdapat konjungsi seperti disamping itu, sementara itu, tersebut, dan sebagainya. Kecuali konjungsi yang bermakna kesimpulan seperti oleh karena itu, maka dari itu, dengan demikian, jadi, oleh sebab itu.

Sedangkan ide pokok bisa terletak di awal paragraf, akhir paragraf, maupun keseluruhan paragraf. Ciri-ciri dari ide pokok itu sendiri adalah :

  • Ide pokok adalah bagian atau inti dari kalimat utama
  • Ide pokok menjelaskan secara gamblang permasalahan dalam kalimat utama
  • Ide pokok tidak berbelit-belit sehingga dapat lebih mudah dideteksi

Bagaimana Cara Menentukan Kalimat Utama dan Ide Pokok?

Dalam menentukan kalimat utama, kamu perlu membaca keseluruhan is teks terlebih dahulu. Kemudian fokuskan pada kalimat awal dan kalimat akhir. Apabila dalam sebuah paragraph di kalimat akhirnya diawali dengan konjugsi simpulan, seperti oleh karena itu, maka dari itu, dengan demikian, jadi maka sudah dapat dipastikan kalimat akhir adalah kalimat utamanya.

Namun, jika di kalimat akhir tidak ada konjungsi simpulan, maka sudah dipastikan kalimat awal merupakan kalimat utama.  Sedangkan untuk menentukan ide pokok kamu perlu cermat membaca isi seluruh paragraf, memahami apa yang berulang kali menajdi pembahasan dalam sebuah paragraf, karena bisa jadi ide pokok terdapat dalam keseluruhan isi paragraf

Contoh Soal Untuk Menentukan Kalimat Utama dan Ide Pokok dalam Paragraf

 Mengonsumsi buah blewah sangat bermanfaat bagi proses detoksifikasi tubuh, membuang racun, serta membantu usus untuk mencerna makanan dengan baik. Buah blewah juga dapat membantu mencerna zat karbohidrat yang sulit dicerna oleh organ usus kita. Setiap 100gram blewah hanya mengandung 60 kalori. Kandungan air dan nutrisi blewah bisa menurunkan berat badan. Mengonsumsi blewah saat diet dapat membantu meneuhi kebutuhan nutrisi lainnnya, termasuk kalori dalam jumlah yang rendah.

Kalimat utama dari paragraph di atas sudah dapat dipastikan ada di kalimat pertama yaitu Mengonsumsi buah blewah sangat bermanfaat bagi proses detoksifikasi tubuh, membuang racun, serta membantu usus untuk mencerna makanan dengan baik. Sebab di kalimat akhir tidak terdapat konjungsi simpulan.

Sedangkan ide pokok dari paragraph di atas adalah Manfaat mengonsumsi buah blewah , karena dalam paragraf di atas selalu disebutkan manfaat-manfaatnya mengonsumsi blewah.

Demikian tips dan trik untuk menentukan kalimat utama dan ide pokok dari paragraf. Semoga bermanfaat dan memudahkan kamu dalam menjawab soal terkait kalimat utama dan ide pokok dengan mudah.

1 komentar untuk "Tips dan Trik Menentukan Kalimat Utama dan Ide Pokok"