Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan

Kapur Digital  - Salah satu tema yang diusung untuk projek penguatan profil pelajar pancasila adalah Kewirausahaan. Tema ini memiliki tujuan utama yaitu melatih peserta didik tentang bagaimana dasar-dasar berinteraksi, mengelola penjualan, hingga melayani konsumen. Kegiatan ini biasa dikenal dengan Market Day atau Enterpreneurship.

Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan

Daftar Isi

Langkah-Langkah Memberikan Projek Market Day dalam tingkat SD

Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan Projek Plan tema Kewirausahaan dengan kegiatan Market Day. Projek ini dilakukan dalam 5 pertemuan agar hasilnya lebih maksimal. Tema ini cocok untuk dilakukan pada kelas 5, sebab di kelas 5 sudah mulai bisa diajak untuk melakukan perancangan dan pengambilan keputusan.

Pertemuan Pertama

Pada pertemuan pertama, sebaiknya dikenalkan terlebih dahulu konsep entrepreneur yang tidak hanya sebatas jual beli barang. Siswa diajak brainstorming untuk memikirkan, ingin menjadi apa dimasa depan. Biarkan siswa berimajinasi tentang aktivitas apa yang ingin dilakukan untuk menghasilkan uang. Ajak siswa untuk mempresentasikan hasil pemikirannya.

Infokan bahwa Anda akan memberikan project besar yaitu Enterpeneur. Jelaskan konsep yang akan dilakukan yaitu dengan menjual produk berupa barang, bukan jasa. Mintalah siswa untuk memikirkan barang apa yang ingin dijual ke khalayak umum. Beri mereka kesempatan untuk berpikir hingga pertemuan selanjutnya.

Pertemuan Kedua

Di pertemuan ini, tanyakan kepada siswa produk apa yang mereka ingin jual. Arahkan siswa untuk berpikir apakah produk yang dijual tersebut berpotensi menguntungkan atau malah tidak laku terjual.

Arahkan mereka untuk berpikir dan melihat peluang yang ada dengan memberikan list pertanyaan seperti .

  • Apakah produk tersebut sudah banyak yang menjual di lingkungan sekitar?
  •  Jika sudah, apa yang menjadi keunggulan produkmu sehingga dapat bersaing?
  • Siapa sasaran target dari produk yang dijual?
  • Apakah akan dibuat sendiri atau mengambil dari pihak lain?
  •  Jelaskan keuntungan dan tantangan dari produk yang akan dijual !

Dengan mengajak siswa memikirkan hal seperti itu, siswa akan merasa lebih mantap dalam memutuskan produk yang akan dijual. Kemudian, berilah mereka waktu untuk melakukan riset jumlah modal kepada orang tua dan dilaporkan di pertemuan selanjutnya.

Pertemuan Ketiga

Pertemuan kali ini arahkan siswa untuk mempresentasikan berapa modal yang dibutuhkan. Tugas guru ialah memberikan feedback maupun masukan jika dibutuhkan. Setelah mengetahui modal yang dibutuhkan, arahkan siswa untuk mengenal jenis-jenis promosi sederhana .

Promosi yang dimaksud seperti membuat brosur atau gambar poster sederhana, atau dengan teknik door to door.  Pada projek kali ini, arahkan serentak untuk membuat brosur maupun poster yang akan mereka promosikan ke kelas-kelas lain. Usulkan juga penerapan diskon untuk menarik calon pembeli.

Pertemuan Keempat

Ajak siswa untuk mulai mempromosikan produk yang akan dijual. Ajak mereka berkeliling menuju kelas lain untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan Market Day serta apa yang akan dijual dari masing-masing.

Pertemuan Kelima

Pertemuan kelima merupakan kegiatan puncak untuk pelaksanaan Market Day. Biarkan mereka melayani konsumen dengan cara yang mereka inginkan. Tugas guru ialah memantau stand per stand dan pastikan semua siswa melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Berikan masukan untuk  anak melakukan direct selling jika barang dagangannya masih banyak.

Setelah selesai, ajaklah siswa untuk langsung mengevaluasi kegiatan. Berikan kesempatan pada masing-masing siswa untuk menceritakan pengalamannya. Mintalah untuk melakukan perhitungan keuntungan yang didapat dari hasil berjualan. Berikan kesempatan siswa untuk mengevaluasi secara mandiri apa yang membuat barangnya habis terjual atau belum habis terjual.

Berikan penilaian keseluruhan dari mulai pertemuan pertama hingga pelaksanaan. Jangan lupa berikan apresiasi agar siswa merasa usahanya selalu dihargai dan memberikan kesan mendalam di hati siswa.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa dapat berperilaku sesuai dengan values pada Profil Pelajar Pancasila. Berikan projek yang menarik dan tidak membuat siswa stress agar pelaksanaannya lebih maksimal.

 

Posting Komentar untuk "Contoh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan"